WELCOME

SELAMAT DATANG DI INFO57NEW

Jumat, 08 Juni 2012

Mengubah Tablet Android menjadi PC

Apakah tablet Android bisa seperti PC atau computer. Secara tekniknya bisa. Selama tersedia port untuk monitor dan input.
Mengapa tablet Android menarik untuk dibahas dan dijadikan PC dirumah. Karena pemakaian power via adaptornya saja dibawah 20W. Dibandingkan computer modern akan membutuhkan power lebih besar. Windows keyboard pada Android terkadang menyulitkan bagi sebagian penguna, dan menutup separuh layar.
Setiap tablet Android memiliki standar port berbeda. Umumnya memiliki port USB, HDMI, card reader. Ke 3 port tersebut dapat dihubungkan ke perangkat PC

Port apa yang bisa di pindah seperti perangkat PC :
  • Port HDMI, dapat menduplikasi layar Android ke layar monitor via kabel HDMI
  • USB port, bisa menghubungkan perangkat seperti keyboard dan mouse.
  • Memory card, digunakan untuk ekternal storage seperti menyimpan data.
Salah satu peralatan dibawah ini disebut converter USB to PS2 port. Peralatan adaptor ini hanya dibutuhkan bila anda memiliki keyboard yang mengunakan PS2 port. Bila memiliki keyboard dengan kabel USB port, bisa langsung dihubungkan ke port USB di tablet Android
Port apa saja yang bisa menghubungkan perangkat tablet Android ke perangkat PC. Seperti Android Tablet dari Toshiba Thrive memiliki port lengkap. Seperti gambar dibawah, alat ini memiliki 1x micro USB port, 1x HDMI port dan 1x USB port.
2 Port USB dapat dihubungkan ke perangkat PC seperti mouse dan keyboard. Sedangkan Display monitor harus mengunakan monitor yang memiliki input HDMI.
Jack konektor lainnya terlihat pada sisi gambar kanan adalah jack port untuk Mic dan Headphone, dan jack paling kanan adalah jack untuk power.

Bila anda memiliki semua perlengkapan untuk Android, tinggal dihubungkan semua perangkat untuk PC ke tablet
Seperti gambar dibawah ini.
  1. Bagian kiri port HDMI terhubung ke monitor 22 inch
  2. USB port dihubungkan ke converter PS2 port untuk keyboard.
  3. Sedangkan kabel paling kanan adalah jack port untuk power
Seperti gambar dibawah , perangkat Toshiba Thrive Android sudah terhubung ke keyboard dan monitor. Layar Android akan tampil sama seperti layar LCD 22 inch. Sedangkan untuk mengetik bisa mengunakan keyboard biasa. Karena belum tersedia converter micro USB ke USB biasa, perangkat mouse memanfaatkan layar touch screen dari Toshiba Thrive.

Apa yang bisa dimanfaatkan bagi perangkat Android menjadi PC:
  • Untuk computer dengan kebutuhan sederhana, bisa memanfaatkan perangkat Android dijadikan PC. Cukup menambah perangkat keyboard dan mouse (Wireless mouse) serta monitor yang dihubungkan ke tablet Android.
  • Pekerjaan yang dilakukan pada Android memang terbatas. Misalnya untuk alat komunikasi dari membuka email, Facebook , Messengger, video dan lainnya yang biasa dilakukan setiap hari. Dengan menambah bagian keyboard saja, akan memudahkan mengetik , chat dan lainnya dibanding mengunakan layar touch screen yang ada. Ketika keyboard aktif, layar bantuan untuk mengetik tidak tampil. Sehingga layar Android akan terlihat penuh seperti layar monitor biasa.
  • Khususnya bagi mereka yang membutuhkan layar monitor lebih besar, dapat memanfaatkan monitor seperti LCD yang memiliki input HDMI. Tampilan gambar pada layar Android akan di mirror ke layar monitor. Dan resolusi layar Android akan sama seperti tampilan di LCD.
  • Menjadi kendala pada bagian mouse. Tidak seperti sistem Windows di PC atau notebook, memiliki kalibrasi kecepatan gerakan cursor. Sedangkan pada perangkat Android tidak tersedia.
  • Pemakaian power lebih hemat dibanding computer besar.
  • Bila pekerjaan atau kegiatan yang dibutuhkan bisa ditangani oleh tablet. Alat Android sudah cukup. Karena tablet Android sudah memiliki perangkat lain dibanding notebook atau computer. Seperti sudah tersedianya dual camera untuk alat komunikasi video konferensi, microphone dan speaker.
  • Sebaiknya memeriksa tersedianya port pada perangkat tablet Android, apakah menyediakan port seperti peralatan yang dipakai pada artikel ini.
  • Hati hati ketika melepas pasang peralatan kabel dari port yang ada pada perangkat tablet PC. Karena port Android dibuat terintegrasi dalam 1 board.
  • Alternatif lain adalah mengandalkan perangkat Docking , biasanya sudah disediakan oleh produsen Android atau Docking tipe generik.
Demikian tips tentang memanfaatkan tablet Android menjadi PC kecil. Apakah Android dengan perangkat keyboard, mouse dan monitor akan lebih bermanfaat dibanding mengunakan notebook dan computer biasa. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh pengunanya sendiri.
Informasi gambar lebih detail dapat dilihat via Google Plus

Sumber : Obengtech.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar